Rabu, 07 Mei 2014

Resep dan Bumbu Sate Ayam Ponorogo yang Lezat

Advertisement

23:18

Resep dan Bumbu Sate Ayam Ponorogo yang Lezat - Sesuai namanya Sate Ayam Ponorogo berasal dari Ponorogo yaitu sebuah kota kecil yang berada di Jawa Timur. Yup tempat dimana terkenal sebuah kesenian yaitu Reog. Meski tidak sepopuler sate Madura, sate ayam Ponorogo pun tak kalah enaknya dan mulai mendapat tempat di lidah para pecinta kuliner nusantara. 

sate ponorogo


Menurut om wikipedia, Sate ayam Ponorogo adalah jenis sate yang berasal dari kota Ponorogo, Jawa Timur. Daging ayamnya sendiri sangat empuk dan bumbunya meresap. Sate Ponorogo berbeda daripada Sate Madura yang populer. Perbedaannya adalah pada cara memotong dagingnya. Dagingnya tidak dipotong menyerupai dadu seperti sate ayam pada umumnya, melainkan disayat tipis panjang menyerupai fillet, sehingga selain lebih empuk, gajih atau lemak pada dagingnya pun bisa disisihkan. Sate daging ayam dapat disajikan bersama dengan sate usus, kulit, dan telur ayam muda. Perbedaan berikutnya adalah sate Ponorogo melalui proses perendaman bumbu (di"bacem") agar bumbu meresap ke dalam daging. Sate daging, usus, dan kulit dibumbui dengan bumbu kecap dan minyak sayur.

Setelah bumbunya merata, sate dipanggang di atas pemanggang sate selama kurang lebih 3-5 menit. Alat pemanggang sate Ponorogo terbuat dari tungku (panggangan) yang terbuat dari tanah liat. Panggangan ini memiliki lubang di satu sisi untuk mengipas bara arang didalamnya. Setelah berwarna kecoklatan, semua sate diletakkan di atas piring untuk dibumbui lagi dengan Bumbu Spesial. Setelah matang, sate dilumuri dengan bumbu kacang yang ditumbuk halus.

Sate Ayam Ponorogo

Berikut adalah Resep, Bahan dan Bumbu serta Cara membuat Sate Ayam Ponorogo yang lezat itu,

Bahan dan Bumbu :

  • Daging ayam 500 gram, dipotong pipih memanjang
  • Kacang tanah 150 gram yang telah dipanggang dan dihaluskan
  • Bawang putih 5 siung
  • Bawang merah 5 siung
  • Ketumbar 1 sdt
  • Garam 1 sdt
  • Serai satu batang yang telah dimemarkan
  • Minyak goreng 25 ml
  • Air matang 200 ml
  • Kunyit secukupnya
  • Kecap manis
  • Lontong
  • Gula merah
  • Tusuk sate
  • Bawang goreng

Cara Memasak Sate Ayam Ponorogo

  1. Langkah pertama, menghaluskan kunyit, bawang merah, bawang putih, dan ketumbar hingga halus dan lembut. Usahakan semua bahan tercampur rata saat dihaluskan, kemudian bumbu ini disisihkan. Panaskan minyak di atas wajan dan tumislah bumbu yang telah dihaluskan tadi. Sambil diaduk, tambahkan jahe, garam dan kacang yang telah dihaluskan tadi. Yang terakhir adalah menambahkan air dan semua bahan dimasak hingga matang.
  2. Setelah bumbu matang, bumbu disisihkan terlebih dahaulu sembari memasak daging ayam selama 10 menit.
  3. Daging yang sudah dimasak kemudian didiamkan hingga dingin, lalu ditusuk-tusuk dengan tusuk sate. Setelah itu, barulah daging ayam yang ditusuk-tusuk itu dibakar di atas bara api yang menggunakan arang. Disela-sela membakar sate, sesekali sate dicelupkan pada air yang dicampur dengan gula merah, kecap dan sedikit garam dan bawang merah goreng. Jangan lupa membolak balik sate ayam agar tidak gosong.

Cara Penyajian

Siapkan piring yang di atasnya telah diberi beberapa potongan lontong. Taruhlah sate di atas lontong dan bubuhi dengan bumbu yang sudah dibuat secukupnya. Untuk menambah rasa gurih, berilah kecap sedikit di atas hidangan tersebut. Bahan-bahan di atas cukup membuat sate untuk 6 porsi.

Keistimewaan Sate Ayam Ponorogo

Sate ayam ponorogo dipotong pipih dan dimasak dahulu sebelum dibakar, sehingga dagingnya matang hingga ke bagian dalam. Selain itu, bumbu untuk membakar berbeda dengan bumbu sambalnya. Hal ini membuat cita rasa sate ayam ponorogo lebih mantap di lidah. Sate ayam ponorogo juga tidak banyak mengandung minyak karena sambalnya terbuat dari kacang tanah yang dipanggang.

Itulah  Resep dan Bumbu Sate Ayam Ponorogo yang Lezat yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika anda masih penasaran bagaimana rasa sate ayam Ponorogo asli, silahkan berkunjung ke Ponorogo karena Sate ini banyak dijual di pinggir jalan pada warung lesehan di Ponorogo, dan tak jarang pula menu ini banyak dijumpai pada pesta pernikahan.

Nantikan info resep masakan terbaru lainnya seperti Resep Sop Konro Asli dan Cara Membuat Nugget lezat hanya di resepmasakpedia.blogspot.com. 

Salam



Advertisement

Bagikan Resep ini :

Ditulis Oleh

Blogger yang belajar masak karena memang hobi makan dan wisata kuliner adalah salah satu agenda wajib di hari libur.

 

© 2014 Resep Masakan Sederhana Sehari-hari. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top